MI Muhammadiyah Kismoyoso menjadi tuan rumah rapat KKM Kecamatan Ngemplak.


Rapat rutin KKM bersama kepala madrasah se-kecamatan ngemplak pada hari ini (Jum’at, 5 Mei 2023) yang bertempat di MI Muhammdiyah Kismoyoso dihadiri oleh Bapak Pengawas Madrasah Kecamatan Ngemplak (Sutrisno, S.Ag. M.Pd.I.), Ketua KKM Kecamatan Ngemplak dan Seluruh Kepala Madrasah Kecamatan Ngemplak yang berasal dari 16 Madrasah Ibtidaiyah.

Ketua KKM Kecamatan Ngemplak, Bapak Nur Rohim, S.Pd.I. M.Pd.I. yang juga sebagai Kepala MIN 6 Boyolali yang baru saja dilantik, dalam sambutannya pada acara rapat KKM bersama Kepala Madrasah Kecamatan Ngemplak meminta untuk semua kepala madrasah yang ditempati untuk rapat KKM mulai sekarang tuan rumah wajib menyampaikan Profil dan Keunggulan madrasah masing-maisng, supaya bisa di tiru dan di kembangkan oleh madrasah lain.


Dalam kesempatan ini, Kepala MI Muhammadiyah Kismoyoso (Mustamik, S.Pd.I.) diminta oleh Ketua KKM untuk menyampaikan faktor-faktor yang bisa menjadikan MI Muhammadiyah Kismoyoso bisa berkembang dan memiliki banyak siswa hingga sekarang ini. Dalam sambutannya Bapak Mustamik, S.Pd.I. menyampaiakn beberapa hal sebagai berikut :
1. Profil Madrasah
Saat ini MI Muhammadiyah Kismoyoso memiliki tenaga pendidik sejumlah 31 orang, 5 tenaga pendidik ekstrakurikuler dan 2 tenaga kependidikan (Kebersihan dan konsumsi). Untuk siswa sampai dengan semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 memiliki sejumlah 582 murid yang terbagi dalam 23 rombongan belajar secara kedinasan.
2. Faktor Perkembangan Madrasah
Dalam perkembangannya selama ini madrasah memiliki beberapa faktor diantaranya :
A. Faktor Geografis
Keadaan geografis yang sangat bagus bagi perkembangan madrasah, dimana MI Muhammadiyah Kismoyoso berdiri di wilayah yang mencangkup 50% lebih dari seluruh dukuh yang ada di Kismoyoso.
B. Faktor Trend sekolah di Madrasah
Alhamdulillah animo di masyaranat sudah ada Trend.. “Kalau Sekolah Ki Yo Eneng MI Muahmmadiyah Kismoyoso”. Animo yang menjadi trend inilah yang menjadikan masyarakat sekitar Kismoyoso menjadi sangat kuat emosionalnya untuk menyekolahkan anak anaknya di MI Muhammaidyah Kismoyoso.
C. Faktor Pelayanan
Saat ini madrasah, kepala dan guru berusaha terus memperbaiki pelayanan kepada siswa, wali murid, dan seluruh masyarakat desa Kismoyoso dan sekitarnya beserta seluruh komponen yang menjadi bagian dari keluarga besar MI Muhammadiyah Kismoyoso, baik di dalam desa Kismoyoso maupun diluar desa Kismoyoso.
D. Faktor Kurikulum
Arah Kurikulum yang jelas dan kompatibel adalah target pendidikan yang realistis dan jelas, semisal target Tahfidz, Pembiasaan Do’a, Pembiasaan Ibadah, Pembiasaan Sosial, dll
E. Faktor Prestasi
Prestasi MI Muhammadiyah Kismoyoso yang diperoleh selama ini adalah buah dari usaha seluruh lapisan guru dengan aktif mencari dan mengikuti berbagai ajang lomba diberbagai tingkatan. Apabila mendapatkan juara/ prestasi, maka langsung dipublikasikan melaui baliho/poster, media sosial dll. Langkah ini berdampak sangat positif terhadap masyarakat pembacanya, sehingga ada ketertarikan untuk lebih mengenal MI Muhammadiyah Kismoyoso.
F. Faktor Karakter Guru
Penentuan tenaga pendidik di mulai dari cara perekrutan. Di MI Muhammadiyah Kismoyoso mengutamakan kader terbaik dimasing-masing dukuh yang ada di desa Kismoyoso dan bisa diajak berjuang dan bekerjasama untuk mengembangkan madrasah. Selain hal tersebut syarat lain menjadi guru di MI Muhammadiyah Kismoyoso adalah dengan menetapkan standar Kemampuan guru terutama Baca Al-Qur’an dan Tahfidzul Qur’an.